Rabu, 04 April 2012

Pengaruh Emosi pada Organ Tubuh Manusia



Gara-gara kepala sering cenat-cenut sendiri, iseng-iseng cari artikel di om google tentang organ tubuh manusia, ternyata ketemu suatu artikel menarik tentang pengaruh emosi pada organ manusia.

Emosi atau sering juga di sebut dengan ekspresi jiwa, adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian (id.wikipedia.com), seperti contohnya: senang, sedih, takut, cemas, gembira dan sebagainya.

Ternyata setiap emosi berlebih yang kita keluarkan, berpengaruh pada salah satu organ tubuh kita. Check this out

Emosi Gembira
Gembira atau suka cita merupakan emosi kepuasan yang mendalam dan berhubungan dengan jantung. Tapi ketika seseorang terlalu bersemangat untuk sukacita, maka ia dapat mengalami insomnia, demam dan juga jantung berdebar-debar.

Emosi Kemarahan
Kemarahan atau amarah erat hubunganya dengan kebencian. Emosi ini disimpan dalam hati dan kantung empedu, yang keduanya berfungsi memproduksi dan menyimpan cairan empedu. Kemarahan dapat mempengaruhi proses biologis yang banyak menyedot energi dan bisa menyebabkan sakit kepala seperti pusing dan bahkan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Emosi Gelisah dan Cemas
Gelisah dan Cemas merupakan emosi khawatir yang berlebihan dan dapat menyebabkan seseorang tidak mampu menggunakan energi,sehingga menderita sesak napas serta peradangan di usus besar.

Emosi Kesedihan
Kesedihan atau sedih dapat menyebabkan seseorang menangis,sehingga menciptakan ketidakharmonisan di paru-paru dan dapat menghambat energi beredar di seluruh tubuh, oleh karena itu emosi kesedihan dapat mengganggu paru-paru dan menyebabkan gangguan pernapasan.

Emosi Melankolis
Melankolis melibatkan pemikiran yang berlebih,melankolis dapat mempengaruhi limpa dan menyebabkan kelelahan, lesu serta ketidakmampuan untuk berkonsentrasi. Selain itu emosi ini juga dapat menyempitkan sistem pencernaan dan membuat perut jadi penuh gas serta kembung.

Emosi Ketakutan
Ketakutan dapat menyebabkan ketidakharmonisan di dalam ginjal yang kadang membuat seseorang buang air kecil tanpa disengaja. Hal ini karena ketakutan yang ekstrim akan membuat seseorang kehilangan kontrol dari ginjal dan kandung kemih. Dalam jangka waktu pendek, ketakutan akan mempengaruhi jantung.

Pengaruh Emosi pada Organ Tubuh Manusia ini diungkapkan dalam pengobatan tradisional China,yang memiliki prinsip utama menggolongkan 5 sistem organ utama yang masing-masing terkait dengan emosi tertentu dan berdampak pada kesehatan.

So don't too worry my friends, keep your healthy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar